Produsen jasa pembuatan aneka stempel berkualitas langsung dari pusat gudangnya. Kita Stamp berkarya untuk anda

kitastamp

kitastamp

Jumat, 18 Mei 2012

Langkah Memulai Usaha Percetakan dari Awal

Standart yang umum dipake sebuah percetakan adalah mesin offset ukuran double folio dan mesin potong kertas 1plano. Mesin offset tsb cukup untuk mencetak segala jenis cetakan bermacam-macam ukuran dari A5,A4,A3,duble folio.

Untuk cetakan dengan laba minim seperti nota rugi apabila dicetak dengan mesin ini karena ongkos biaya produksi cetak tidak sebanding, tetapi kalau terpaksa/mendesak bisa saja dipakai dicetak dimesin ini. Toh hasil cetak nota memakai mesin ini hasilnya sangat bagus dibanding mesin mini offset (bukan berarti mesin mini kurang bagus loh!! jika pake film hasil repro/platpaper digital hasilnya juga sangat bagus). Jika lagi banyak order mesin double folio tentunya untuk cetak ukuran kecil seperti nota pastinya dimaklon ketempat lain dihitung dari ongkos produksi lebih murah.

Barang cetakan jarang yang bisa on time sampai dipelanggan karena prosesnya lumayan lama dan antri dilihat dari kapasitas mesin yang dimiliki. Terutama kendala dari operator mesin yang tidak mau lembur kerja terbatasnya kondisi fisik untuk kerja esok harinya.

Mempunyai mesin diatas cukup untuk membantu sebuah percetakan bisa eksis apalagi bisa dimanfaatkan sebagai jasa maklon. Untuk jadi tempat jasa maklon hasil cetak harus bagus agar pelanggan maklon tidak banyak komplain sehingga bisa jadi langganan tetap. Jasa maklon banyak dimanfaatkan oleh makelar cetakan yang sama sekali tidak mempunyai mesin tetapi kebanyakan makelar cetakan memiliki langganan maklon cetak yang bagus karena memang tuntutan menjaga kualitas. So jika anda pemain baru jarang bisa meyakinkan makelar agar bisa mencetak ketempat anda walau harga yg anda patok murah sekalipun. Kadang makelar cetakan tidak mempermasalahkan harga cetak asal jaminan kualitas cetakan terjaga.

Kita Stamp ngomongin diri sendiri sebagai makelar cetakan juga,,hehe buka kartu gpp dong? Yang pasti kualitas cetakan tetap terjaga dan harga yang dipatok jaminan harga standart dipasaran punya mesin atau tidak punya mesin harga tetap standart kok. Jadi jangan anda berpikiran punya mesin cetak berati harga yang dipatok lebih murah dari makelar cetak..ooh tidak bisaa!! kadang harga makelar jauh bisa lebih murah dan kualitas lebih baik..

Ingat punya mesin cetak offset bukan berarti kualitas cetakan bisa lebih baik. Karena mesin offset yang ada dimiliki sebuah percetakan tidak semuanya dalam kondisi prima maklum barang rekondisi tidak terawat karena biaya perawatan lumayan besar. Jika pemilik mesin menjaga dan merawat mesin dengan baik pasti kualitas cetakannya terjaga.

by KitaStamp

8 komentar:

Kita Stamp mengatakan...

Kisaran harga mesin offset untuk Ryobi 500k sekitar Rp90juta kondisi mesin dengan harga tsb rata-rata masih mulus boleh dibilang istimewa tanpa pengantian spareparts lansung bisa kerja tanpa otak atik kembali, klau dapat harga lebih murah biasanya ada perawatan perbaikan kembali untuk penggantian sparepart kalau dikalkulasi anda pasti dapat mesin seharga diatas.
Adalagi mesin solna 125, fuji 58 dsb dengan kisaran harga bermacam-macam.
Untuk mesin potong kisaran harga Rp30juta dan bermacam merk yang beredar dan kualitas yg bermacam-macam. Mesin potong yang bagus tentu tukang potong yang lebih mengetahuinya,,biasanya dilihat dari tekanan impresen kuat, tekanan pisau mantab dan mesin tidak bergeser jika
dioperasikan, walau bisa saja dikunci tanam mesin potongnya.
Untuk mesin expose plat juga diperlukan, bisa memakai media lampu neon 40watt sebanyak 8-10buah tinggal merakit kotak vakum plat. Klau nggak mau repot beli mesin expose jadi. Atau bisa pesan teman saya bisa buat alatnya.

Kita Stamp mengatakan...

Perlengkapan pendukung untuk mesin Offset adalah
1. Tinta CMYK masing-masing 1kg harga kira-kira Rp50ribu/kg
2. Gom untuk melindungi plat master setelah digunakan agar tidak oksidasi.
3. Korektor digunakan apabila plat cetak ada noda yang tidak dikehendaki bisa dihapus dengan bahan kimia ini.
4. Newmol adalah kain untuk rol air
5. Plat cleaner berupa pasta/cair digunakan untuk membersihkan plat film ketika mesin berhenti kemudian dijalankan kembali.
6. Developer digunakan untuk penghapus obat afdruk plat film.
7. Penetral PH air untuk pembasah plat cetak ketika mesin bekerja dicampur kedalam air.
8. Plat cetak dijual per100 lembar.
9. Bensin/minyak tanah untuk mencuci roll tinta ketika ganti warna atau mesin selesai digunakan.
10. Spons adalah alat digunakan untuk membersihkan plat film, blanket, silinder.
11. Kain aval(kain sisa potongan) digunakan sebagai pembersih sisa tinta dari spon yang kurang bersih.
12. Sikat biasa untuk cuci baju untuk pencuci rol air.
13. Oli untuk mengolesi benda yg berputar misal bearing, leces, busing eksentris dsb.
14. Oli mesin untuk sirkulasi benda bergerak didalam.(perawatan mesin)
15. Oli kompresor(perawatan mesin)
16. Blanket cadangan jika sewaktu-waktu rusak pecah atau sobek. Kualitas blanket bermacam-macam dan harganya juga lumayan mahal. Bisa diakali dengan membeli blanket bekas dari mesin offset ukuran plano bisa dipilih area yang masih bagus.
17. Roll tinta cadangan digunakan jika ada beberapa rol yang perlu diganti karena sudah ngantong.
18. Pengencer tinta bentuk seperti minyak kental kemasan 1liter digunakan untuk mengencerkan tinta jika terlalu lengket kertas nempel diblanket, hati-hati jangan terlalu banyak dan jika diperlukan saja.

Jadi patut diingat, usaha percetakan tidak hanya membeli mesin doang langsung beres semuanya,tetapi peralatan pendukung harus disiapkan juga.
Kelengkapan lain mesin staples, mesin nomorator, mesin porporasi, mesin bending. Dan kelengkapan kecil lainnya.

by Kita Stamp

Kita Stamp mengatakan...

Masalah atau kendala utama ketika anda sudah membeli mesin adalah mencari operator mesin Offset. Mencari operator yang cocok gampang-gampang susah, bisa-bisa anda sama sekali kesusahan mencarinya:

- Profesi Operator mesin offset saat ini sudah tidak menarik karena rata-rata bergaji rendah. Tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga apalagi sudah memilki anak yang sudah masuki sekolah. Rata-rata tingkat lulusan sekolah grafika yang mau menjadi operator sangat minim karena prospek masa depan kurang menjanjikan.
- Operator tidak cocok dengan gaji yang diharapkan sehingga dengan mudah pindah ke percetakan lain.
- Operator tidak cocok dengan lingkungan kerja, misal tidak cocok dengan karakter anda sehingga suasana kerja kurang nyaman.
- Mungkin juga penempatan mesin terlalu sempit pada ruangan sehingga gerak kerja operator kurang bebas.
- Anda menjanjikan hal yang terlalu berlebihan jika operator mau bekerja kepada anda, tetapi tidak menepatinya.
- Fasilitas yang anda berikan kepada operator kurang, hal-hal kecil yang dibutuhkan kurang anda perhatikan.
- Jika mesin bekas biasanya operator harus menyesuaikan karakter mesin paling lama 2minggu. Karena meskipun mesin sama persis tetapi ada selah(ciri khas) perlakuan khusus terhadap mesin dan yang hanya tahu adalah operator tsb.
- Operator mesin tidak semuanya bisa langsung menjalankan semua jenis mesin offset tanpa mempelajari karakteristik mesin, butuh adaptasi paling lama 2minggu. Misal anda baru membeli mesin kemudian mendapatkan order cetakan sparasi, pasti operator akan kesulitan jika langsung mengerjakannya. Idealnya operator harus mengecek registernya apakah normal atau tidak, jalan kertas sudah benar, roll tinta sudah baik apa belum, dsb. (intinya operator harus adaptasi mengenal karakter msin terlebih dahulu).

Tips jika anda telah mendapatkan Seorang operator mesin yang cocok,
1. Perlakukan operator sebagai mitra kerja, teman, bukan sebagai bawahan anda.
2. Buatlah suasana kerja nyaman.
3. Berikan bonus atas sebagian keuntungan anda.
4. Sesekali ajaklah operator dan keluarga refresing bareng.
5. Jangan anda menjanjikan hal yang melenakan bagi operator.
6. Berikan aturan jelas apa yang boleh dilakukan atau tidak bagi operator(Standart Operasional Prosedur).
7. Sesekali anda mengecek/mengontrol kerja operator dengan bercakap langsung sebagai mitra kerja.

Kerjasama yang bagus membuat operator betah bekerja dengan anda, tidak akan pindah ke percetakan lain.

By KitaStamp

Mas Surya mengatakan...

mantap artikelnya sangat membantu.
terima kasih mas, ada baiknya saya melakukan apa yang di katakan sekarang.
jangan penasaran dengan link berikut :
http://jual-mesin-offset-gto-second.blogspot.com/

Kita Stamp mengatakan...

Modal membuka usaha percetakan sangat besar diluar pembelian mesin & peralatan penunjang. Misal anda mendapat order cetakan tentunya anda harus mengeluarkan modal awal untuk pembelian bahan seperti kertas,film master dll yang tidak murah, malah terkadang untuk pembayaran dari pelanggan/pemesan masih meminta tenggang waktu(tempo)hal ini tentunya mempengaruhi mengganggu perputaran uang anda sebagai belanja modal kerja. Perhitungan jika modal kerja anda 50juta paling tidak anda memiliki cadangan dana 75juta.
Hal ini berbeda jika anda usaha percetakan hanya fokus pada menerima jasa maklon cetak tingkat resikonya lebih kecil jika anda membeli mesin dengan kualitas hasil cetak Istimewa karena setiap kali merampungkan order maklon cetak rata-rata langsung dibayar oleh pelanggan maklon anda.

Kreasi Prima Sukses mengatakan...

mempunyai mitra usaha yang sesuai dengan sangat membantu dalam bisnis cukup penting..
tigerprinting

Nova Astika mengatakan...

Berarti saya butuh mesin offset mini saja dulu untuk usaha rumahan. Oke....

souvenirnikahbali.blogspot.com

koko Josemourinho mengatakan...

Saya jasa advertising ternyata butuh dana gede untuk buka percetakan juga.tg inponya gan
http://www.adyartoadvertiing.com/

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants