Produsen jasa pembuatan aneka stempel berkualitas langsung dari pusat gudangnya. Kita Stamp berkarya untuk anda

Kamis, 15 November 2012

Cara Membuat film dari Mika Transparan

Apakah saat ini anda memakai film dari kertas kalkir untuk proses stempel dan sablon, Kita stamp mencari alternatif dengan melakukan penelitian cara membuat film mika transparan cukup lama baik untuk printer laserjet ataupun printer inkjet..akhirnya menemukan juga hasil ujicoba melewati berbagai trial & error dan Kita Stamp pada awalnya merahasiakan ilmu ini, tetapi demi anda saya bagikan informasi ini secara gratis untuk pembaca yang haus informasi.

media mika transparan dengan printer dekjet hp 2466



media mika transparan dengan printer laserjet


media mika transparan dengan printer laserjet

media mika transparan dengan printer laserjet

(media mika transparansi asli vendor Hp) cetak dengan printer hp deksjet 2466


media mika transparan dengan printer laserjet


media mika transparan dengan printer laserjet

media kertas kalkir dengan printer laserjet

 
mika transparan memakai media printer hp deksjet hp 2466

Berikut ini alternatif dengan printer Hp laserjet seri lama aja ya, jangan beli printer baru isi tinta tonernya sedikit!! patut dibeli yaitu: 6L pro, Hp1000, Hp1200 dsb karena lebih pekat dan kapasitas tonernya lebih banyak dibandingkan merk lainnya dan harganya lebih terjangkau, kalau mau beli printer laserjet pantengin terus harga (kroscek) disitus jual beli online: Toko Bagus, Berniaga, Kaskus, terkadang ada yang jual murah berkualitas (harga berkisar Rp.400ribu~Rp.800ribu).

Anda bisa memakai mika khusus yang tahan terhadap panas dari efek pemanasan toner istilah bahasa baratnya Overhead Projection Transparancy biasa disebut OHP merk yang ada dipasaran yashica atau mika Ohp lainnya digunakan untuk film proyektor sebagai presentasi biasa tempat fotokopi menyediakan jasa cetak ini. Namun saat ini teknologinya sudah tergantikan dengan alat lebih canggih sehingga film plastik mika OHP ini sudah mulai ditinggalkan ini dia penampakannya kurang bagus foto uploadnya, yang pasti terlihat ya,,hehe

Tidak disarankan untuk film sparasi karena mika transparant ini memuai/molor ketika diprint dan mengetahui efek samping penggunaan mika transparan ini pada printer laserjet adalah bisa merusak drum dan film jika mengoles lem putih dari kayu tidak merata dan ada kotoran yang menempel. Caranya dengan disablon memakai screen paling halus ukuran 200s kira-kira dua kali menyaputnya atau bisa juga dengan mesin offset cetak blok tipis cuma agak repot harus pelan-pelan menjalankan mesinnya, atau lebih praktis langsung menyaput rakel sablon dengan merata pada mika tersebut atau Cara yang paling baik adalah memakai alat cat semprot air brush dengan memakai lem kertas cair bening agar dihasilkan permukaan bidang mika tersebar merata, paling tidak anda mengulangi tiga kali pengeringan ketika menyemprot lem pada benda kerja. Fungsi lem kertas pada mika adalah sebagai pengganti serat kertas agar tinta bisa melekat sempurna ketika melakukan cetak printer. Baik printer dekjet atau printer laserjet.

Cara print mika transparan pada printer HP Deskjet saya memakai seri deksjet 2466 yaitu memakai hasil mika yang telah disaput lem cara diatas atau bisa membeli jadi ditoko resmi vendor HP kertas transparansi seharga Rp3000/lembar dan langsung diprint dengan cara biasa tetapi jangan lupa dimirror terlebih dahulu dan ubah setelannya cetak dari colour ke grayscale. Catrid yang dipakai adalah catrid original dan bisa direfill memakai tinta Hp yang pekat atau bisa juga dimodifikasi sendiri dengan cara diinfus. Hasil print tidak memuai/molor bisa digunakan pada film sablon yang butuh presisi cuma boros pemakaian tinta dan catrid original seharga Rp.155ribu
Kenapa merknya harus Hp deksjet karena sistem penariknya tidak ada gigi yang membuat luka cetakannya dan yang utama cetak bloknya sangat tegas rapi pada pinggiran teksnya dibandingkan hasil cetak laserjet. Jangan lupa mika yang telah dioles lem jangan terkena tangan kita karena mengandung minyak kalau perlu sebelum diprint bersihkan permukaan mika dengan bensin agar steril cetakannya sempurna tidak berbekas sidik jari kita.
Kelebihan lain memakai film mika transparant hasil printer Hp deksjet adalah ketika kita membuat stempel flash lebih dari satu dengan film yang sama dapat dipergunakan berkali-kali dibandingkan memakai printer laserjet yang hanya sekali pakai karena tinta toner lumer terkena panas dari pemanasan penyinaran bliz.

Mika transparant adalah alternatif  pemakaian film untuk stempel warna, stempel runaflek, film sablon, ataupun film cetak offset sehingga tidak perlu memfilmkan dijasa repro yang harga minimalnya Rp20.000

Film mika transparant ini sangat baik untuk pembuatan stempel flash yang disebabkan :
1. Jika mesin flashstamp yang digunakan daya sinarnya sudah mulai melemah 
2. Juga pembelian produk mesin flash murah kondisi baru anda beli berkualitas rendah ditandai kurang kuat pancaran panasnya sehingga harus berkali-kali melakukan tembakan lampu bliz, mesin berkualitas penyinaran cukup satu kali sampai 2 kali tembakan saja.
3. Kualitas spon rubber flashstamp kurang baik, terlalu kaku, agak keras, ketika ditembak tidak cepat matang apalagi jika memakai film kertas kalkir memakai mesin flashstamp harga murah 20kali tembakan tetap tidak matang sempurna.   


Perhatian:  
Ingat Pencetakan Memakai mika trasparant buatan sendiri jika hasil kurang bagus(rata) bisa merusak printer laserjet anda atau lama kelamaan bisa merusak printer karena melihat memakai kertas kalkir saja bisa rusak apalagi jika mika transparan tepian pinggir bekas potongannya tajam bisa menggores drum,film dsb. Sebaiknya mika transparan dipakai buat mencetak memakai media printer deksjet lebih aman.

Jadi terserah anda memakainya memilih yang mana..
By Kita Stamp

12 komentar:

Romeo Awas mengatakan...

Sangat membantu gan..makasih infonya n smoga sukses gan..

Kita Stamp mengatakan...

amin. terima kasih suport & atensinya berkunjung diblog kitastamp

Riqar Manaba mengatakan...

www.riqarmanaba.com Jadi pengen mencobanya :)

Mohamad Sikin mengatakan...

bingung dan belum ngeh, mungkin hrs di baca 2 x, tetpai bagus artikelnya
www.atributpramuka.com

cowok suka pipis CSP mengatakan...

KALO PAKE HP DESKJET 1000 YNG TERBARU BISA GK GAN, KARNA YNG SERI 2466 UDAH GK KLUAR, GMANA ATUR SETINGNYA.. MKASIH

Lalu Mahendra mengatakan...

sy cuma punya printer canon ip2770. bisa ga menyiasatinya.
sy mencoba print dengan kertas kalkir. sy print dengan pilihan HIGHT QUALITY. hasilnya memang hitam, tpi masih ada pori2 kertas yg terlihat putih saat di terawang di sinar matahari. bagaimana mengatasiny. thanks gan......

Kita Stamp mengatakan...

intinya jika ada garis titik titik menandakan tergores oleh gigi penarik kertas, silahkan coba printer hp yang tidak ada roda gigi penarik. untuk itu saya memakai printer lama karena memakai penarik tanpa roda gigi

safier mengatakan...

pak..
film dari mika ini apa khusus untuk runaflek saja?
soalnya saya nyoba aplikasikan ke stempel flash tidak bisa
filmnya tercetak di karet, tetapi ketika dikasih tinta stempel dan di capkan ke kertas, tidak ada bekas dari filmnya tadi pak.
jadi kayaknya tinta ga merembes ke cetakan di karetnya.
makasih pak

Adizulfan Kaliat mengatakan...

membingungkan//......

Kita Stamp mengatakan...

@safier: memang benar khusus buat stempel runaflek
@ Adizulfan Kaliat: anda aja bingung, gimana dengan saya yang sudah menjalankannya, blog ini hanya sebagai pengingat pengalaman pribadi saya, jadi tidak bisa di jadikan acuan.
Apa yang saya buat dalam membuat film transparant hanya khusus untuk pembuatan stempel, jadi tidak bisa digunakan untuk yang lainnya. Cara yang aman,murah,mudah untuk pembuatan stempel hanya memakai kertas kalkir, film transparansi hanya cocok untuk pembuatan stempel ukuran A4 karena hitam pekatnya bisa merata dibandingkan blok full pada printer laserjet karena drumnya kecil kecuali memakai fotocopy digital printing

karsidi malmsteen mengatakan...

Mas , ILMU YANG anda share sangat BERMANFAAT buat saya.,
terimakasih.

wahyu putra mengatakan...

bagi yg belum paham bikin klise runa silahkan hubunggi wahyuputra323@gmail.com gratis

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants