Produsen jasa pembuatan aneka stempel berkualitas langsung dari pusat gudangnya. Kita Stamp berkarya untuk anda

Senin, 30 Januari 2012

Membuat Master Hotprint


Perkembangan teknologi dewasa ini mempengaruhi banyak bidang. Era digital yang serba komputerisasi membuat pengguna teknologi terlena dengan kemudahan. Cara konvensional pun ditinggalkan. Begitu juga, fasilitas digital yang hadir melengkapi kecanggihan teknologi pada percetakan. Dulu untuk menghasilkan suatu cetakan dengan kualitas baik, harus melalui teknik cetak konvensional. Teknik cetak seperti itu dikenal dengan nama “Seni Grafis” atau “Seni murni”. 
Teknik ini lebih mengutamakan keseimbangan antara minyak dan air. Pada awal diciptakan teknik ini masih menjadi “top secret
Teknik ini menggunakan medium yang khusus, berupa batu Limestone. Batu ini, khusus dipakai karena mempunyai kandungan lemak tinggi. Keberadaan batu limestone di Indonesia terhitung langka. Adapun keberadaannya, merupakan sisa peninggalan zaman kolonial Belanda. Keunggulan teknik ini ada pada detail hasil gambar yang tidak bisa didapatkan pada teknik cetak lainnya dalam seni grafis.
Proses pembuatan cetak ini diawali dengan batu limestone yang sudah disesuaikan dengan ukuran gambar yang akan dibuat. Permukaan batu yang akan digambar harus diasah dengan campuran bubuh besi (carborundum) terlebih dahulu agar halus. Setelah dihaluskan, batu siap untuk digambar. Media yang dipakai untuk menggambar diatas limestone bisa apa saja, asal mengandung minyak atau lemak. Permukaan batu yang sudah digambar harus diberi “Talk”, dimaksudkan untuk memperkuat gambar. 
Setelah dibersihkan, batu kembali diolesi gom Arab yang berfungsi melakukan pengasaman pada batu sehingga gambar akan tersimpan dan menjadi cetakan. Sebelum melalui proses pencetakan, tinta yang akan digunakan harus dikentalkan terlebih dulu. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya teknik cetak datar tidak memerlukan tinta terlalu banyak, agar gambar yang dihasilkan menjadi lebih tajam. Batu dipindahkan di mesin cetak, lalu tinta yang sudah dikentalkan diratakan pada seluruh permukaan batu menggunakan roll. Lalu proses pencetakan pun dapat dilakukan.
 
Hasil dari cetakan memang tidak diragukan kualitasnya. Baik dari ketajaman gambar sampai gradasi warna yang solid. Cara ini memang dikenal untuk mengejar kesempurnaan hasil cetak. Bahkan untuk cetakan yang ke-seratus pun, tetap terjaga kesempurnaannya.

Untuk melihat cara membuatnya secara manual tanpa mesin Kita Stamp berikan link video tutorialnya silahkan klik dibawah ini :
 http://www.youtube.com/watch?v=aFtNl_ydesI&feature=youtu.be


sumber artikel: Degina Juvita
editing seperlunya dari Kita Stamp

Minggu, 29 Januari 2012

Menggugat mahalnya Spray Morris Penghitam Toner pada Kertas Kalkir

Mungkin anda memakai spray Morris untuk membantu pekerjaan anda pada film kalkir untuk lebih pekat dan menghitam toner film untuk stempel..
Berapakah harga anda membelinya perbotol,, klau lihat info harganya Rp 90.000 wah mahal sekali bukan!! spray Morris sangat membantu pada printer laser yg telah diisi ulang karena kualitas toner refill tidak sebagus original.

Walaupun klau saya pribadi melihat dengan menerawang transparasinya kelihatannya masih sama saja, yg membedakan adalah dipermukaan kertas toner terlihat lebih menghitam agak sedikit timbul dan mengkilap. Pernahkah anda memcoba alternatif lain untuk mensyiasatinya dengan cara lain,,saya ada beberapa cara yg saya dapat dari youtube yaitu dengan memakai alumunium foil cara penggunaanya hasil print kertas kalkir diatasnya diletakkan lembaran alumunium foil kemudian diatasnya lagi letakkan kertas HVS kemudian diseterika, terlihat hasilnya alumunium foil merekat pada print toner namun tidak sempurna lekatnya perlu dirapikan dengan memakai jarum pentul..hasinya memang kalau diterawang gak ada tembus cahaya yg masih masuk tapi agak ribet & tidak efisien tapi saya sudah mencobanya harga alumunium foil ukuran lebar 5cm panjangnya kurang tahu belum sempat ngukur sih, hehe..berupa gulungan Rp 20.000 bisa didapatkan ditoko sablon lebar. Alumunium foil biasa dipake pada kertas undangan dengan pilihan warna bermacam-macam..

Dengan memakai bensin juga bisa menghitamkan kalkir dengan bantuan alat semprot parfum klau tempat setingan untuk sablon biasa yg dipake semprotan bentuk unik bulat hitam..kalau anda membeli botol parfum carilah yg daya semprotnya lembut. Tapi kalau memakai bensin keringnya agak lama dan sedikit ada bekas yg mengganggu..Sekarang saya sudah bisa menemukan resep spray morris dengan sedikit usaha saya yakin anda pasti bisa menemukannya..selamat mencoba

Jumat, 27 Januari 2012

Rekomendasi Tips Membeli Mesin Cetak/Offset Bekas atau Rekondisi

Ada hal menarik dari judul saya diatas dan ini mengingatkan saya pernah membeli mesin mini offset dan pernah menjadi operator mesin cetak offset. Bagi percetakan besar,sedang, atau skala kecil pasti pernah mengalami membeli mesin offset yg tidak dalam kondisi prima siap menelan orderan yg masuk. Maka saya tergerak hati untuk membantu hal-hal yg perlu diperhatikan waktu membeli mesin:

1. Pastikan tujuan anda membeli mesin dipergunakan untuk kebutuhan mencetak apa,,misal anda biasa menerima orderan cetakan untuk mencetak ukuran kecil seperti ukuran folio,kwarto,dll cukup membeli mesin mini offset TOKO

kenapa mesin TOKO karena pengoperasiannya mudah, jarang rewel, cepat sekali untuk mencetak dan bisa mengerjakan aneka kertas tanpa kendala berarti..istilahnya tahan banting..cuma sayang mesin ini tidak bisa mencetak dikertas yg permukaan licin seperti artpaper,ivory dll, mencetak sparasi dengan presisi dan tidak sanggup mencetak tinta blok,  karena keterbatasan jumlah rol tinta yg cuma satu menempel di plat cetak,,

klau ingin diatasnya lagi bisa untuk cetak sparasi dengan mesin Hamada 500 atau 600 bisa mencetak kertas dipermukaan licin tapi juga sama tidak sanggup mencetak warna blok, mesin ini sudah otomatis sehingga lebih nyaman pengoperasiannya, cukup baik cetaknya karena sudah memakai rol pembasah tapi ada kendala untuk kertas tebal mungkin 300gram tidak sanggup menggangkat kertas pada penghisap kertas karena kompresor penghisap kecil sehingga daya hisapnya minimal dan cuma memiliki 2 pasang penghisap.

Ada lagi diatasnya untuk ukuran kertas yg lebih besar misal : A3 dengan mesin Hamada 700 cuma mesin ini agak tanggung masih lebih baik Hamada 800 ukuran area cetak lebih baik,,cuma untuk kualitas sparasi masih kurang sempurna tidak bisa untuk cetak sparasi blok..dan ada sedikit gangguan di lingkaran gerigi yg bisa tergesek mengakibatkan cetakan luka agak terangkat tinta yg masih basah..

Masih ada lagi mesin cetak offset yg baik seperti dari jepang yaitu ryobi 500k,Gestetner,Fuji,dll. Dari jerman SOR M, K, S, D, Speedmaster yg sangat baik untuk cetak blok tapi harganya mahal.

2. Pastikan mesin yg anda beli lengkap kondisinya..tutup mesin ada, rol tinta cadangan ada, masih ada nomerator, sensor rata kertas berfungsi, sensor doble set berfungsi, greper penjepit kertas di silinder pres dan dipenghantar kertas lengkap, tandon air pembasah ada, serta bak air kondisi baik tidak keropos.
dan paling utama periksa silinder press baik silinder plat, silinder blangket, silinder impresen harus mulus tanpa cacat, tergores, dekok, berkarat , periksa semua roll tinta melekat sempurna pada tempatnya apakah bearingnya perlu diganti atau rolnya sudah tidak simetris/ sudah nggak rata perlu dites dengan memakai coletan tinta atau memakai plastik astrolon untuk memeriksa tekanan rol atau cuma perlu distel aja dan periksa juga kondisi rol pembasah apakah as masih rata, rumah bearing dan kawat per kondisi baik, atau cuma bearing aja yg perlu diganti.
periksa kondisi semua greeper yg ada apakah pernya masih baik, menutup rapat, periksa kondisi kompresor berikut daya hisap pada penghantar kertas apakah ada kebocoran bisa dicek dengan kertas artpaper 150gr kekuatan daya hisapnya gimana apakah menarik sempurna dan periksa daya semprot angin yg keluar apakah bagus dan imbang. Periksa tombol kelistrikan tombol otomatis apakah bejalan dengan baik kadang kadang ada yg dibandrek dijadikan satu tombol. Periksa bak tinta apakah pisau masih rata atau sudah ngantong bisa fatal tinta akan mengalir bocor melaluinya dan tidak bisa disetel tekanannya, serta periksa rol bak tinta masih mulus atau tergores akibat tekanan pisau bak tinta.
biasanya pihak penjual tidak memperbolehkan pembeli untuk mengecek satu-satu, yang ada paling cuma tes cetak saja, lancar dengan mempercepat kecepatan langkah cetak dan hasil cetak muncul baik. Akibatnya apa sewaktu mesin dipindah ketempat anda dan teknisi merakit dan menyetel mesin kondisi nggak sesuai harapan waktu anda tes cetak ditempat. Alasan penjual karena akibat faktor pengiriman. Padahal bukan itu tapi memang kondisi mesin kuang sempurna maka dijual oleh penjual.

3. Pastikan sewaktu anda membeli mesin mengajak operator mesin yg sangat baik anda kenal untuk mempertimbangkan mesin tersebut.Cukup susah untuk menilai mesin tampak fisik saja tapi cara nomer 2 cukup ampuh cara anda mempertimbangkan untuk membelinya.

4. Janganlah tergiur membeli mesin dengan harga yg murah, asal anda teliti bisa saja anda dapat mesin harga murah tapi kualitas masih bagus sehingga lebih ringan biaya perawatannya. Tapi memang jarang sekali bisa anda dapatkan.

5. Pastikan anda merubah daya listrik anda agar cukup sesuai dengan kebutuhan mesin cetak offset.

6. Pastikan anda mempertimbangkan membeli mesin dengan sistem otomatis dan banyak sensor aktif  karena semakin canggih mesin kadang banyak kendala overload agak susah anda membetulkan sendiri harus memanggil teknisi elektro yg pastinya ongkos jasanya saja mahal apalagi blom sparepartnya mahal bisa bisa modal operasional anda tersedot untuk mereparasi mesin yg anda beli saran saya jika membeli mesin bekas yg canggih harus siap resikonya dan tahun pembuatanya masih muda..lebih baik yg masih manual pake handel manual lebih aman.

7. Pertimbangkan membeli mesin impor dari luar negeri dengan relasi terpercaya..biasanya kondisi masih bagus dibanding yg sudah ada didalam negeri.

Semoga dengan info ini anda bisa memiliki gambaran untuk membeli mesin cetak offset setidaknya minim perawatan waktu pertamakali mesin anda dipakai lancar langsung bisa mengerjakan orderan anda..setidaknya info ini menghindari anda membeli mesin yg kondisinya buruk sehingga harga yg anda beli dengan ongkos jasa teknisi bongkar mesin  dan sparepart yg mahal. Biaya totalnya cukup untuk membeli mesin yg lebih baik tapi anda pertimbangkan karena mengincar yg harga lebih murah. Nggak untung malah buntung, kecewa dan bisa frustasi mesin yg telah dibeli..sebelum terlanjur hati-hati.

Cukup sekian dulu infonya klau masih ada yg terlewatkan akan saya tambahi lagi..

terima kasih by KitaStamp.     
   

Membuat Master Huruf & Angka Plat Nomor Kendaraan

Apakah anda berpikiran untuk berencana membuat usaha variasi plat nomor kendaraan dikota anda tapi masih tidak ada gambaran memulai dari mana.. dari search eyang google dapat info mengenai ini, sebetulnya masih gue simpen buat uji coba sendiri tapi terbentur dana dan waktu untuk riset hehe..ups!!! gaya kaya ilmuan aja saya pake istilah riset segala.

Paling tidak anda membuat masing-masing minimal kembar 2 biji untuk jaga jaga, klau mengerjakan 2 plat nomor dan tragisnya klau ada yg hilang atau dicuri orang,,bisa runyam kerjaan makanya sangat dianjurkan membuat kembar/duplikatnya. Memang capek dan melelahkan membuat huruf abjad 25 huruf A sampai Z dan 10 angka dari 0 sampai 9 serta angka kecil untuk masa berlaku. Itu dari Plat nomor mobil dan sepeda motor  beda ukuran bisa kebayang nggak berapa banyak yg harus dibuat untuk yg standart, belum yg variasi bentuknya ada yg tampak lancip dan ada yg tampak bulat timbulnya.

Untuk cara manual bahan-bahannya plat logam, print angka & nomor sesuai ukuran plat nomor, trus dipotong hasil print tsb dan tempelkan kertas pada plat besi,,trus digraji dengan gergaji besi tentunya..waah bisa frustasi klau membuatnya dengan cara ini, berapa lama membuatnya dan apakah bisa rapi.. klau untuk huruf  I masih mudah membuatnya, trus yg bolong seperti angka 8 gergajinya gimana!! capek deh..hehe

Ini dia dapat resepnya walau belum uji coba mudah mudahan jika anda mencoba bisa berhasil..dengan cara melarutkan plat logam dengan bahan kimia. Walaupun saya pribadi blom pernah melihat bahan master plat nomor dari jenis apa,,apakah dari besi, besi putih, kuningan, stenlisteel, alumunium, tembaga..
Klau saran saya anda lihat dulu dari tukang plat nomor dia pake bahan plat logam apa,  jika anda sudah mengetahui lebih mudah membeli bahannya dan mengetahui tingkat kekerasan bahan akibat pukulan dan tekanan logam..

Coba saya urai untuk bahan logam yg patut anda coba..

1. Plat logam Tembaga dan Kuningan formula pelarutnya air kurang lebih 500cc dan feric clorida dicampur dan diaduk berlahan. Ada lagi formula pelarutnya air lima sampai tujuh bagian, HCL satu bagian, H2O2 satu bagian diaduk berlahan.
2. Plat logam Besi dan stenlisteel formula pelarutnya asam clorida secukupnya..asam clorida adalah air keras untuk patri. Ada lagi formulanya air satu liter, FeCL3 196/liter, H3Po4  (74%), HCL (6%), EG (23%) bahan tersebut dimasukkan berurutan..Ada lagi formulanya Air lima bagian, HCL satu bagian, H2O2 satu bagian diaduk berlahan dan berurutan.
3. Plat logam Alumunium formula pelarutnya air lima bagian, HNO3 dua bagian, HF dua bagian aduk berlahan. Ini bisa digunakan untuk master embos dan hotprint buat percetakan.


Untuk bahan sebagai resist adalah tinta sablon,stiker, cat, lakban/isolasi... maksudnya disini sebagai tanda master film untuk dilarutkan sehingga etsa yg terkena resist tidak ikut larut.. sedangkan resist yg paling baik adalah yg tahan lama seperti isolasi atau lakban karena punya daya rekat kuat itu intinya..Cara kedua bisa memakai printer laserjet dengan memakai kertas cts 120gram kemudian tempelkan dipermukaan benda kerja dengan seterika, kemudian langsung larutkan dengan bahan pelarut kimia digoyang sampai kertasnya terkelupas yang hanya tinta tonernya masih menempel dibidang kerja. Goyang terus sampai kedalaman yang diinginkan.

Setelah tampak hasilnya ambil dan bersihkan dengan air mengalir jangan lupa pakai sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung dengan bahan kimia kemudian bersihkan sisa dari lakban/ isolasi yg masih menempel rapikan sisi ujung yg tajam dengan kikir..
Untuk membuat variasinya tinggal dikikir sesuai keinginan mau dibuat lancip atau model bulat sesuai kreatifitas anda. 
 
Cara ini lebih masuk akal untuk membuat master plat nomor dibanding cara manual dengan mengergaji..
dengan biaya yg relatif murah dan cepat.
Ada lagi cara lain yg memghasilkan master plat nomor yg presisi dengan mesin frais CNC untuk logam dengan sistem komputerisasi cuma harganya pasti mahal karena proses membuat hitungannya sangat butuh keahlian tinggi kecuali ada pengusaha yg mau memproduksi dalam jumlah banyak bisa jutaan baru ideal untuk diproduksi..dan sekarang ini sudahmuncul teknologi laser yg bisa membuatnya dan ini bisa anda pertimbangkan..

Sekali lagi cara yang telah saya sampaikan belum saya ujicoba sehingga saya mohon maaf jika cara tersebut tidak benar yang hanya karangan saya saja..mungkin ada master yg lebih tahu mohon dibagi infonya.

Ini gan video tutorialnya cara membuat master hotprint caranya bisa sama dengan cara membuat master plat nomor dan angka .http://www.youtube.com/watch?v=aFtNl_ydesI&feature=youtu.be

terima kasih
by KitaStamp 

Jumat, 20 Januari 2012

Jenis Nama Kertas Untuk Percetakan

Nama jenis kertas untuk percetakan mungkin bagi seorang pemula agak bingung atau nggak tahu sama sekali nama kertas sama seperti saya dulu hehe untuk meminta sampel dari toko kertas agak susah biasanya memang tidak menyediakan ribet katanya, lah terus gimana!!! mau tanya harga kertas nggak tahu namanya, bilange waktu tanya toko: " itu yg kertas buat brosur seperti utk kalender"  nah loh toko kertas jadi bingung menghadapi pelanggan newbi kayak gini!
Akhirnya googling dapet juga dikaskus.us akan saya bagi inpo yg berguna untuk pembaca setia kitaStamp... hehe

1. Jasmin bentuk fisik agak gliter gliter warna kuning gading/putih biasa dipake untuk undangan kimpoi & kartu nama
2. Corugated bentuk fisik karton gelombang biasa dipake box kardus bagian dalam yg gelombang, box ini klau  dicetak umumnya ditempel lagi pake duplek,kraf, hvs jadi klau dicetak full colour dicetak dulu baru ditempel,,jenis kertas ini ada 2 yaitu: B flute (gelombang besar) dan E flute (gelombang kecil)
3. Samson bentuk fisik dari bahan daur ulang berwarna coklat muda,permukaan kasar biasa untuk paperbag kemasan tas jinjing toko snack roti atau toko sepatu dan toko jeans distro..untuk undangan/kalender unik juga bisa, biasa dicetak 1 sampai 2 warna baik sablon dan offset, ada juga untuk bungkus makanan dengan proses vernis/ laminating agar tidak rembes air tersedia 150gr, 220gr
4. BW/BC/LINEN jepang/ concord bentuk fisik kertas berstruktur terdapat berbagai pilihan warna biasa untuk kop surat atau sertifikat tersedia 220 gr, 250 gr
5. HVS bentuk fisik putih dan tersedia aneka warna sudah umum sudah pada ngerti, tersedia 58gr, 70gr, 80gr, 100gr
6. Doslag sama seperti hvs dan berbagai warna biasa dipake untuk nota carbon.  berat 45gr
7. Art/ matt paper permukaan kertas licin 2 sisi putih bersih, tidak tahan air klau terkena akan lengket doble dan belang jadi hati hati dengan kertas ini, biasa dipake untuk kalender tebal 100gr, 120gr, 150gr
8. Art carton fisik sama artpaper 2 sisi licin beratnya aja yg beda 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 360gr biasa untuk cetak bolak balik seperti buku katalog,sampul buku,dll
9. Duplek bentuk fisik sisi depan putih belakangnya abu abu biasa untuk box/kardus makanan berat 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400gr
10. Duplek Putih (cwb) bentuk fisik sama no.9 beda sisi belakang putih berat 230gr, 250gr, 300gr
11. Ivory bentuk fisik hampir sama art carton 2 sisi putih cuma 1 sisi yg licin biasa untuk cover buku tulis dan kosmetik karena cukup tebal & kokoh berat 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, 350gr

Cukup segini dulu informasi tentang jenis kertas smoga bermanfaat.




9.    

Sabtu, 14 Januari 2012

Rekomendasi Beli mesin Stempel Warna

bagi rekan rekan yg ingin membuka usaha stempel carilah mesin stempel warna yg mempunyai areal cetak luas, kenapa kelebihannya klau dapat order lebih dr satu bisa skalian esposnya.
pilihlah yg memiliki lampu banyak mungkin 6 lampu tipe kurus/3lampu tipe gemuk/4 lampu tipe U dan sekali espose langsung jadi dan rata matangnya...klau punyaku yg aku pake skarang masih jepret 4 kali espose dg film kalkir..agak kecewa juga waktu dulu beli, kagak dijelaskan brapa kali esposnya...bagi pembuat mesin/produsen silahkan promosi lewat komen gak apa, siapa tahu ada yg minat dr pengunjung disini..cuma barang yg ditawarkan wajib memang betul-betul bagus.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Top Web Hosting | manhattan lasik | websites for accountants